Perlunya Menyewa Domain dan Hosting

Jika Anda memiliki blog yang semakin ramai dikunjungi, namun masih berdomain dan hosting gratis, ada baiknya mulailah menyewa domain dan hosting untuk blog Anda. Blog Anda akan lebih baik lagi jika memiliki domain dan hosting sendiri.

Beberapa alasan kuat mengapa domain dan hosting sendiri akan lebih baik dari domain dan hosting gratisan :

1. Mendapatkan perhatian dan respect yang lebih dari pengnjung.

Jika kita mempunyai domain sendiri dan hosting sendiri, maka pengunjung akan lebih memandang kita sebagai blogger yang serius, mempunyai passion ngeblog dan tidak hanya ngeblog untuk mengisi waktu luang saja. Ini penting sekali untuk meningkatkan traffic dan kepercayaan pengunjung

2. Memiliki kekuasaan penuh atas blog kita.

Dengan hosting sendiri kita akan memiliki hak penuh terhadap blog kita. Kita dapat memasukkan script lainnya, misalnya forum agar lebih interaktif dengan pengunjung, e-commerce untuk menjual sesuatu, dll.

Selain itu kita juga dapat mengedit blog sesuai keinginan kita. Misalkan untuk menginstal dan mengedit template, menginstall plugin sesuai keinginan kita dsb.

3. Memperoleh pendapatan tambahan.

Dengan domain dan hosting sendiri kita dapat memasukkan script iklan semisal adsense, adbrite, dsb. sebagai catatan, blog yang berdomain dan hosting gratisan di wordpress.org tidak diperbolehkan di kustomisasi untuk menampilkan iklan dari adsense. Namun dengan domain dan hosting sendiri kita dapat memasukkan iklan-iklan tersebut di blog kita. Dengan ini kita dapat memperoleh pendapatan tambahan dari ngeblog. Bahkan pendapatan ini bisa berlipat ganda besarnya daripada biaya yang kita keluarkan untuk menyewa hosting.

4. Kita bisa mem-back up blog kita.

Dengan hosting sendiri kita bisa back-up blog kita ke komputer atau ke e-mail kita. Sangat disayangkan jika blog yang susah payah kita buat selama bertahun-tahun dan telah memiliki banyak pengunjung hilang tak berbekas karena program gratisannya telah berakhir atau perusahaan hosting tersebut tutup/bangkrut. Hal ini mungkin saja terjadi pada blog kita di kemudian hari. kita tidak ingin hal itu terjadi bukan?

5. Optimasi search engine yang lebih baik ( wordpress ).

Dengan hosting sendiri blog kita bisa lebih optimal terindex di searh engine. Kita bisa menginstal plugin SEO seperti All-in-One SEO dan sebagainya untuk meningkatkan traffic blog kita. Hosting gratisan tidak mengijinkan modifikasi blog yang seperti itu.

6. Memiliki panjang pages yang tak terbatas.

dengan hosting sendiri kamu bisa memiliki pages yang unlimited sesuai dengan bandwitch hosting yang kamu sewa, misalnya www.blogkita.com/topik1/subtopik2/subtopik3/……subtopik dst/. Ini berguna jika kita memiliki topik atau sub topik yang banyak dan luas.


7. Berhak menjual blog kita.

Jika kita mempunyai blog yang padat traffic dan menarik, namun kita tidak mempunyai waktu lagi untuk mengelolanya, maka kita berhak menjual blog kita. Banyak situs-situs tempat jual beli blog. Untuk diketahui, harga blog yang ramai dan menarik harganya bisa sangat fantastis lho..

8. Branding blog kita.

Keren bukan jika di kartu nama atau kendaraan kita tertulis www.namakita.com, ini akan menjadi nilai tambah buat kita.

Sebenarnya menyewa domain dan hosting tidaklah mahal. Harganya berkisar sekitar Rp. 100 Ribu untuk Domain, begitu juga untuk Hosting-nya. Bahkan jika kita mau searching di Google ada yang lebih murah lagi. Dengan 50 ribu per tahun kita bisa menyewa hosting dengan fitur yang bagus. Untuk domain nya sekitar 80 ribu pertahun ( namakita.com) dan 25 ribu per tahun ( namakita.web.id )

Namun semua tergantung pada pilihan kita. Jika kita masih dalam taraf belajar ngeblog, kita bisa mengandalkan blog dengan domain dan hosting gratisan. Namun jika kita sudah mulai serius untuk menekuni blogging, menyewa domain dan hosting sangat layak kita pertimbangkan.



Rahasia Google Adsense

peluang usaha
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.