Rahasia Meraup Dollar dari Google Adsense

Tulisan dibawah ini merupakan Strategi untuk meraup dollar dari Google Adsense. Selain itu strategi ini juga bisa Anda terapkan untuk affiliate product ataupun menjual produk sendiri sebagai sarana bisnis di internet. Selamat membaca dan selamat mempraktekan.

Mencari niche Adsense yang menguntungkan.

Beberapa kriteria Adsense yang potensial:

1. Memiliki CPC (Cost-Per-Click) yang tinggi

2. Memiliki tingkat persaingan yang rendah

3. Memiliki banyak pemasang iklan Adwords

4. Memiliki jumlah pencarian Google yang banyak

Gunakan Google Keyword Tool gratis.

Sebagai sedikit gambaran, niche Adsense yang potensial diantaranya yang berhubungan dengan financial, travel dan medical.

Ketika Anda menggunakan Google Keyword Tool ini, pastikan Anda merubah opsi Match Type menjadi “Exact” dan tampilkan pula Search Volume Trends untuk melihat apakah keyword bersangkutan performanya stabil sepanjang tahun.

Pilih Domain Name dan Content Management System

Setelah Anda menentukan niche Adense Anda, langkah berikutnya adalah memilih domain name dan Content Management System sebagai landasan blog Anda.

Untuk domain name, ada baiknya jika Anda menyertakan keyword utama Anda di dalamnya. Usahakan juga untuk memilih ekstensi domain yang baik. Kalau tidak .COM, Anda bisa memilih .NET atau .ORG

Sedangkan untuk Content Management System (CMS), anda bisa saya memilih Wordpress atau Blogger. Untuk diketahui, Wordpress memiliki lebih banyak Plugins yang bisa membuat blog Anda lebih SEO Friendly dan juga Wordpress lebih adaptif terhadap konsep Social Media.

Satu lagi hal penting untuk bagian ini, gunakan hosting berbayar. Dengan demikian blog anda akan tampil profesional dan tidak kacangan.

Membuat Konten Blog

Kebanyakan marketer membuat kesalahan yang sama, membangun konten blog hanya berdasarkan daftar keyword yang diperoleh lewat alat pencarian keyword. Ini sebenarnya kesalahan yang cukup fatal.

Untuk mengisi blog Anda dengan konten yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan :

1. Mengunjungi forum-forum online yang berkaitan dengan niche Anda dan mencatat berbagai masalah dan pertanyaan yang sering dilontarkan oleh peserta forum.

2. Mencari blog-blog besar yang ada pada niche tersebut dan memperhatikan apa saja topik yang populer di sana.

3. Mencari artikel-artikel populer di niche tersebut di Article Directories

Inilah yang akan menjadi bahan konten blog Anda. Tulislah artikel yang akan Anda terbitkan di blog dengan panjang sekitar 400 kata. Jika Anda tidak punya waktu atau kemampuan, Anda bisa meng-outsource pekerjaan ini.

Sebagai awalnya, Anda bisa memulai dengan 50 artikel yang akan Anda terbitkan setiap hari. Ini diperlukan untuk mempercepat blog Anda menghasilkan uang.

Kategori Blog

Sangatlah bijaksana jika Anda menjadikan blog Anda “bertema”, karena search engine seperti Google sangat menyukainya. Oleh karena itu, menentukan kategori untuk blog Anda merupakan faktor yang penting.

Untuk kepentingan ini, Anda bisa mengambil ide untuk dijadikan kategori dari sumber-sumber yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mencari ide konten blog.

Ingat, kategori blog tidak harus merupakan perpanjangan keyword Anda, tapi Anda juga harus berpikir secara lateral. Artinya, kategori dapat berupa hal yang berhubungan erat denga niche Anda. Inilah yang dimakan blog “bertema” dan ini sangat baik tidak hanya untuk Google, tapi juga untuk pembaca.

Contoh:

Jika Anda memilih niche weight loss misalnya.

Maka kebanyakan blogger akan membuat kategori “weight loss poriducts”, “weight loss system”, “weight loss solutions” dan seterusnya yang semuanya merupakan perpanjangan dari keyword “weight loss”. Ini sebenarnya kurang tepat.

Sebaiknya, sebuah blog bertemakan “weight loss” juga memiliki kategori seperti “diet programs”, “fat burners”, “belly fat” dan sebagainya.

Tampilan Blog

Untuk tampilan atau blog template, pilih yang sederhana dan menggunakan banyak warna putih. Anda bisa menggunakan 2 sidebar, maupun 1 sidebar - tidak terlalu masalah.

Untuk mendapatkan Wordpress template yang sesuai, Anda tidak perlu membelinya. Anda tinggal mencarinya di Google atau Yahoo. Cukup banyak template gratis yang sangat bagus dan terlihat profesional.

Hindari menggunakan template dengan latar belakang warna gelap. Blog Anda akan menjadi sangat tidak nyaman bagi mata para pengunjung, sehingga mereka tidak akan betah lama-lama membacanya. Padahal, jika Anda ingin menggunakan Adsense sebagai jalan pemasukan, salah satu syarat yang harus Anda penuhi adalah hendaknya Anda membuat pengunjung blog Anda membaca sebanyak-banyaknya konten blog Anda.

Menarik Pengunjung ke Blog Anda

Selain dengan cara mengisi blog Anda dengan konten yang berguna dan menarik, untuk menarik pengunjung sebanyak-banyaknya, Anda juga sebaiknya segera membangun backlink menuju blog Anda. Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara, diantaranya:

1. Tambahkan blog Anda ke Google Webmaster Tool

2. Gunakan Essential Wordpress Plugin

3. Masukkan RSS Feed blog Anda ke berbagai RSS Feeds (Anda bisa menggunakan software)

4. Gunakan Pingomatic untuk mem-Ping setiap posting blog Anda

5. Gunakan Social Bookmark untuk mem-bookmark posting blog (gunakan cara yang benar untuk ini)

6. Tulis dan masukkan artikel ke Article Directories utama

7. Terlibat di forum dan blog terkait dan sertakan link blog Anda

Lakukan langkah-langkah ini dengan benar, jika tidak blog Anda akan masuk ke dalam Google Sandbox, alias di-ban.

Jika Anda melakukannya dengan strategi yang benar, maka dalam hitungan minggu atau bulan, blog Anda bisa tampil di halaman depan Google, terutama untuk niche yang tidak terlalu padat persaingannya.

Pemasangan Adsense

Sebaiknya Adsense Anda pasang setelah blog Anda memperoleh traffic yang lumayan. Jangan langsung memasang Adsense ketika awal meluncurkan blog.

Lokasi pemasangan Adsense yang terbukti menghasilkan CTR tinggi adalah di atas posting - Large Rectangle (336×280) - dan di sidebar - Wide Sjycraper (160×600).

Teruslah menarik pengunjung dan membangun konten blog Anda dengan benar. Berdasarkan pengalaman di lapangan, sangat mungkin bagi sebuah blog untuk memperoleh pemasukan Adsense $10 setiap hari dalam waktu 1 bulan setelah peluncuran, terutama untuk niche yang menarik 5000-15000 pencarian bulanan di search engine. Ingin lebih banyak meraup dollar ? Belajar dan belajarlah terus...



Lihat juga :

Kode Rahasia Handphone Nokia

peluang usaha
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.